Our Blog

Rabu, 31 Oktober 2018

Jalan-jalan Di Event Animasi Terbesar di Cimahi 2018



Halo sudah lama saya gak posting tentang tutorial, namun artikel kali ini kita gak akan bahas dulu tutorial blender, karena kali ini saya ingin sedikit share pengalaman jalan-jalan saya ke event animasi terbesar di Cimahi, ya event Baros International Animation Festival 2018 atau yang disingkat BIAF 2018 yang diadakan di Gedung Cimahi Techopark merupakan event yang sangat dinanti bagi para penggemar animasi Indonesia, pasalnya di event ini kita bakal bertemu dengan orang hebat animasi dan juga kaya dengan informasi lowongan pekerjaan hingga menambah wawasan pengetahun kita tentang dunia animasi.

Sekedar informasi event BIAF 2018 ini diadakan dari tanggal 26-28 Oktober 2018 dan kebetulan saya datang di hari Sabtu tanggal 27 Oktober 2018, nah awal masuk karena event ini free jadi kita diwajibkan untuk daftar terlebih dahulu dan dapat nametag, kemudian di awal yang saya lihat banyak booth dari berbagai perusahaan animasi dan game yang antara lain Manimonki Studio, Ayena Studio, hingga MNC Animation yang sukses dengan serial animasi Adit Sopo Jarwo


Oke lanjut untuk sesi talkshow pertama yang saya lihat pertama sih ada speaker dari Gaga Animation yang sukses dibalik pembuatan effect film wiro sableng, Ddisini Gaga Nugraha yang merupakn Founder Gaga Animation menjelaskan tentang effect yang dibikin di film Wiro Sableng dari pembuatan air terjun hingga pohon-pohon dengan menggunakan Green Screen keren abis pokoknya.



Nah selanjutnya saya bersama rekan jalan-jalan dulu muter-muter bootlah mencoba beberapa game hingga teknologi VR dan AR disana saya mencoba simulasi Ibadah Haji yang dibikin oleh developer Kaba, intinya kita bisa berjalan-jalan mengitari Kabah, sedangkan untuk teknologi AR nya gambar Kabah yang tadinya hanya gambar 2D setelah disorot dengan camera dibantu software nah Kabah  berubah menjadi gambar 3D, gambarnya seperti nyata keren.


Booth selanjutnya yang saya sangat tertarik ialah booth animasi karya asli Cimahi Creative Association yang rilis animasi Kisah Dewi dari Cimahi yang berkisah tentang petualangan Dewi dan seekor kucing kesayangan mengelilingi nusantara yang tak kalah keren.


Nah di talkshow selanjutnya ada dari, perwakilan Ayena Studio yang telah mendapatkan banyak penghargaan lokal maupun International berkat serial animasi Super Neli, mungkin sudah banyak yang tau kalo serial animasi Super Neli ini bercerita tentang nenek yang memliki kekuatan super, serial ini dibuat dengan voice bahas sunda dan dibumbui dengan komedi yang menghibur, kalian bisa lihat teaser nya di Youtube, nah informasi baiknya lagi Ayena Studio yang bakal rilis film Super Neli di akhir tahun ini.

Sebenarnya, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan di event BIAF 2018 ini namun sekian yang ingin saya share, intinya kenapa saya banyak bilang keren dari tadi ? karena memang Event BIAF 2018 ini keren abis dan antusias dari masyarakat yang besar membuat saya sangat senang dan melihat angin segar bagi perkembangan animasi indonesia sehingga nantinya animasi karya Indonesia dapat di apresiasi,  banyak dikenal dan tak kalah dari animasi luar lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

About Blog

Welcome to the SOGIM Animation

This website I created in order to be a collection of processes that I went through to become a 3D artist, the term this website is a record of my journey of making 3D starting from scratch to hopefully becoming a pro. Mainly I wrote this article so that at other times when I forget some exercises I can go back to accessing anywhere using a smartphone or just consumption for myself and also as 3D design portfolio. But if the article I wrote can be useful for many people who want to find a Blender tutorial, I am very grateful. Hopefully, the knowledge I have gained and shared can be useful.

Address:

Sumedang, West Java, Indonesia

Work Time:

Monday - Sunday from 9am - 10pm

Email:

sogimanimation@gmail.com