Our Blog

Selasa, 24 April 2018

Membuat Kursi di Blender


Setelah artkel sebelumnya kita membuat meja sederhana, kali ini kita bakal membuat pasangan dari meja yaitu kursi untuk melengkapi design interior sebuah ruangan. Tanpa berlama lagi kita mulai membuat kursi.
  • Langkah pertama jika kalian telah membuat meja seperti artikel sebelumnya buka kembali file meja yang sudah di save.
  • Selanjuntya yang kita perlu lakukan adalah dengan menggandakan meja tersebut dengan cara menekan SHIFT + D dan kemudian geser menggunakan G + Y seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah ketiga perkecil meja yang sudah kita gandakan dengan cara SCALE atau tekan S + X, S + Y atau S + Z, sesuaikan seperti gambar dibawah ini atau bisa sesuai selera kalian.
  • Kemudian klik kursi tersebut dan masuk ke EDIT MODE dengan menekan TAB pilih menu FACE SELECT sepeti pada gambar dibawah ini.*Keterangan Jika kita ingin memfokuskan pada kursi bisa menekan Fn + Titik atau jika kalian menggunakan keyboard komputer tinggal tekan Titik yang ada di jajaran Numpad sebelah kiri.
  • Kemudian pilih tiga FACE yang berada disisi atas dengan cara tekan SHIFT dan pilih tiga FACE tersebut.
  • Jika sudah terseleksi maka kita tinggal tekan E atau EXTRUDE kemudian Klik kiri dan tekan G + Z tarik keatas, kemudian tekan G + X dan tarik seperti gambar di bawaah ini.
  • Langkah selajutnya kita akan membuat pegangan kursi caranya pilih tiga FACE seperti pada langkah kelima.
  • Kemudian klik CTRL + R untuk membuat EDGE, hingga muncul garis berwarna Pink kemudian SCROLL hingga menjadi dua garis kemudian klik sesuai keinginan.
  • Atur garis diatas yang tadi dibuat karena terlalu besar jaraknya, caranya dengan tekan ALT + klik garis tersebut dan geser kebawah dengan cara klik G + Z dan sesuaikan agar bentuk tidak bengkok dengan cara G + X seperti gambar dibawah ini.

  • Selanjutnya beralih ke menu FACE SELECT yang ditujukan oleh Kursor dan pilih dua FACE seperti gambar dibawah ini dengan cara tekan SHIFT dan pilih dua FACE tersebut.
  • Kemudian klik E atau EXTRUDE, klik kiri dan tarik menggunakan G + X dan atur agar ujung rata dengan menggunakan R atau ROTATE kemudian tekan Y.
  • Dan ujung FACE Hapus dengan cara klik X pilih FACE seperti gambar dibawah ini.
  • Pilih dua kotak dengan bantuan SHIFT,  kemudian EXTRUDE (E), klik kiri tarik G + Z sesuaikan dengan tinggi pegangan kursi gambar dibawah ini.

  • Selanjutnya buat garis EDGE caranya CTRL + R geser sesuaikan dengan pegangan kursi. Kemudian FACE Select kotak seperti gambar dibawah ini dan tekan X dan pilih FACE.


  • Pilih VERTEX SELECT. pilih VERTEX pegangan kursi terlebih dahulu, kemudian pilih VERTEX kuda-kuda kursi dengan bantuan SHIFT dan tekan ALT + M pilih AT LAST.


  • Satukan semua VERTEX yang tersisa dan di sisi lainya seperti langkah sebelumnya, sehingga pegangan kursi sudah menyatu semua seperti gambar dibawah ini dan selesai membuat kursi.


  • Namun biasanya dudukan kursi terdapat bantalan, tenang saja saya kasih bonus untuk membuat bantalannya. klik FACE tengah dan EXTRUDE seperti gambar dibawah ini.
  • Pilih menu TOOLS, cari MESH TOOLS, Pilih menu SUBDIVIDE dan klik tiga kali seperti gambar dibawah ini.

  • Kemudian pilih SMOOTH VERTEX setelah itu pilih FACE SELECT, pilih menu DATA seperti gambar kedua dibawah ini, klik + ganti nama dengan bantalan dan Pilih ASSIGN *ket cara ini berguna untuk memilih FACE terseleksi agar nanti saat proses pemberian MATERIAL dan TEXTURE tidak tercampur antara kursi dan bantalannya.

  • Dan terakhir kita kasih warna dengan cara SELECT di Menu VERTEX GROUPS bantalan masuk ke menu MATERIAL, kemudian buat NEW pilih warna kemudian ASSIGN dan bantalan kursi telah diberi warna. Atur Camera dan tinggal RENDER IMAGE tekan F12.

Untuk membuat TEXTURE silahkan cek artikel sebelumnya tentang cara membuat meja sederhana, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

About Blog

Welcome to the SOGIM Animation

This website I created in order to be a collection of processes that I went through to become a 3D artist, the term this website is a record of my journey of making 3D starting from scratch to hopefully becoming a pro. Mainly I wrote this article so that at other times when I forget some exercises I can go back to accessing anywhere using a smartphone or just consumption for myself and also as 3D design portfolio. But if the article I wrote can be useful for many people who want to find a Blender tutorial, I am very grateful. Hopefully, the knowledge I have gained and shared can be useful.

Address:

Sumedang, West Java, Indonesia

Work Time:

Monday - Sunday from 9am - 10pm

Email:

sogimanimation@gmail.com