Our Blog

Rabu, 25 April 2018

Membuat Bingkai Lukisan di Blender


Artikel kali ini saya bakal membuat sebuah bingkai lukisan untuk mempercantik ruangan yang kemarin kita sudah buat meja dan kursi sederhana yang lumayan melelahkan jadi sekarang membuat yang tidak terlalu susah dulu, tanpa panjang lebar mari mulai saja. Langkah pertama kita buka file kursi dan meja yang telah kita buat.


Karena kita bakal membuat bingkai lukisan jadi meja dan kursi kita pindahkan terlebih dahulu ke layers kedua, caranya seleksi kursi dan meja, kemudian tekan M untuk MOVE dan pindahkan ke layers kedua.


Setelah kosong kita bikin bingkai dan lukisan, langkah awal adalah SHIFT + A pilih MESH dan pilih CUBE.



Selajutnya CUBE tersebut dibuat tipis dengan cara tekan S untuk SCALE + X sesuaikan dengan gambar dibawah ini.


kemudian beralih ke EDIT MODE atau tekan TAB pilih FACE SELECT dan tekan E (EXTRUDE), klik kiri kemudian tekan S seperti gambar dibawah ini.



Selanjutnya EXTRUDE kembali, klik kiri dan geser menggunakan G + X seperti gambar dibawah ini.


Kemudian kembali ke OBJECT MODE kemudian pilih MODIFIER dan ADD MODIFIER, pilih SOLIDIFY dan rubah THICKNESS menjadi -0.01000.


Kemudian kembali ke EDIT MODE, pilih FACE tengah, pilih menu DATA, VERTEX GROUPS, klik icon +, ganti nama menjadi lukisan kemudian ASSIGN.


Selanjutnya seleksi semua dengan tekan A dan di VERTEX GROUPS pilih DESELECT agar FACE untuk lukisan tidak ikut seperti MATERIAL bingkai.


Buat MATERIAL bingkai, pilih MATERIAL, kemudian pilih icon +, dan terakhir klik NEW.


Kemudian rubah nilai INTENSITY menjadi 0.


Selanjutnya pilih TEXTURE, dan pilih NEW.


Pilih TYPE menjadi IMAGE OR MOVIE kemudian OPEN. pilih MATERIAL kemudian OPEN IMAGE.


Ganti COORDINATES menjadi GENERATED, PROJECTION menjadi CUBE dan terakhir aktifkan GEOMETRY rubah sesuai selera.


Selanjutnya klik FACE tengah tadi kemudian NEW MATERIAL, pilih ASSIGN dan pilih TEXTURE caranya sama seperti langkah sebelumnya. Pilih gambar yang akan menjadi lukisan.


Dan Lukisan dan bingkainya telah selesai tinggal kita gabungkan dengan meja dan kursi yang kemarin kita buat, caranya pilih layers 2, seleksi meja dan kursi kemudian pilih M dan pindahkan ke layers 1.

Sekian artikel tentang membuat bingkai dan lukisan nya, artikel selanjutnya saya bakal bikin jam dingding. sampai jumpa.

0 komentar:

Posting Komentar

About Blog

Welcome to the SOGIM Animation

This website I created in order to be a collection of processes that I went through to become a 3D artist, the term this website is a record of my journey of making 3D starting from scratch to hopefully becoming a pro. Mainly I wrote this article so that at other times when I forget some exercises I can go back to accessing anywhere using a smartphone or just consumption for myself and also as 3D design portfolio. But if the article I wrote can be useful for many people who want to find a Blender tutorial, I am very grateful. Hopefully, the knowledge I have gained and shared can be useful.

Address:

Sumedang, West Java, Indonesia

Work Time:

Monday - Sunday from 9am - 10pm

Email:

sogimanimation@gmail.com